Sinergi

"Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh"
Peribahasa ini menggambarkan kekuatan dari persatuan. Bahwa satu lidi mudah dipatahkan, tetapi seikat lidi jauh lebih sulit untuk dipatahkan. Ada satu kata yang mungkin bisa meringkas peribahasa tersebut: sinergi.

 
Adalah hal yang lumrah apabila manusia selalu memandang segala sesuatu berdasarkan untung ruginya. Dan untung rugi persatuan kurang lebih adalah sebagai berikut:

  • Bahwa sesuatu yang sudah dipersatukan seharusnya tidak dipecah belah kembali. Perpecahan akan menimbulkan efek kemudharatan yang jauh lebih besar dari manfaatnya, itupun apabila manfaat itu ada. Sebaliknya, agar mendapat manfaat yang maksimal, maka persatuan yang ada harus semakin diperkuat dari waktu ke waktu.

  • Secara ringkas matematis, sinergi adalah 1 + 1 = 3 atau lebih. Persatuan yang semakin kuat, akan memberikan efek sinergi yang semakin besar. Dengan efek sinergi yang besar, maka sebesar apapun permasalahan atau pekerjaan, akan menjadi jauh lebih mudah untuk diselesaikan. Sinergi adalah salah satu tujuan dan manfaat utama dari persatuan.

Hal di atas sangat disadari oleh bangsa ini sejak dahulu kala, dan diwujudkan dalam bentuk gotong royong. Dengan kata lain, gotong royong adalah bentuk dari kesadaran bersinergi bangsa ini. Budaya luhur sinergi gotong royong ini haruslah terus dijaga dan dipelihara dengan cara-cara yang kreatif, agar tidak menjadi kegiatan yang membosankan dan bersifat seremonial belaka.



.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar